NAMA : erida
syifa auliya
NPM
: 12212529
KELAS
: 1EA29
Lingkungan
usaha “stiker cutting”
Stiker
adalah sesuatu yg di tempel biasanya berbentuk kertas maupun pelastik, stiker
memilik fungsi sebagai penyampaian pesan yang efektif dan juga efisien. Karena
bentuknya yg relatif kecil sehingga stiker mudah di tempatkan dimana saja.
Usaha ini bisa dibilang tidak terlalu banyak pemainnya. Pasarnya pun cukup
banyak dan selalu berkembang. segmen pengguna cuting stiker yang potensial adalah
anak muda. Boleh dibilang anak muda pasti suka modifikasi kendaran mereka.
Ingin tampil beda adalah alasanya
Dengan ini
saya akan membahas mengenai lingkungan usaha “stiker cutting” untuk memenuhi
tugas mata kuliah Dasar-Dasar Pemasaran di semester awal ini.
Nama tempat
Usaha
: stiker cutting
Bidang Usaha
: bisnis usaha stiker
Jenis
Produk/Jasa
: stiker
A.
Analisis Lingkungan Internal
Analisis
Lingkungan Internal yaitu, segala sesuatu di dalam organisasi atau perusahaan
yang akan mempengaruhi organisasi atau perusahaan tersebut. Lingkungan Internal
dipengaruhi oleh beberapa faktor, yaitu : Tenaga kerja (Man), Modal (Money),
Material / bahan baku (Material), Peralatan/perlengkapan produksi (Machine),
Metode (Methods).
Analisis
Lingkungan Internal itu berkaitan dengan Kekuatan (strength) dan Kelemahan
(weakness).
- STRENGHT (KEKUATAN)
- Bahan yg di gunakan skotlite /
reflective vinyl yang berkwalitas
- Banyak pilihan gambar atau pun
tulisan
- Desain yang di gunakan tidak
pasaran
- Tahan lama sampai 5 tahun
- Kwalitas terjamin
- Pelayanan yang ramah
- Lokasi yang strategis, karena
berada di ruko yang terletak di jalan raya utama
- Harga yang terjangkau.
- WEAKNESS (KELEMAHAN)
- Waktu beroperasi toko yang
relatif sebentar
- Pelayan toko yg sedikit
- Kurang adanya promosi sehingga
tidak banyak orang yang tau
- Sering kali toko tutup di hari
libur
- Hanya menerima pesanan berupa
stiker
B.
Analisis Lingkungan Eksternal
Lingkungan
eksternal adalah pengaruh-pengaruh tidak langsung yang berada di luar kendali
perusahaan. Lingkungan Eksternal dibagi menjadi 2, yaitu :
Lingkungan
Mikro, lingkungan yang langsung berpengaruh terhadap kegiatan pemasaran. Dimana
perusahaan dapat melakukan aksi reaksi terhadap faktor-faktor penentu Opportunity
(peluang pasar) dan juga Threat (ancaman dari luar). Lingkungan luar mikro
meliputi aspek : pemasok, pesaing, perantara, dan pasar.
Lingkungan
Makro, dimana perusahaan hanya dapat merespon lingkungan di luar perusahaan.
Faktor-faktor yang mempengaruhinya adalah : Kondisi perekonomian, hukum,
politik, dan peraturan pemerintah, teknologi, sosial dan kebudayaan.
- OPPORTUNITY (PELUANG)
- Stiker sedang banyak di
gandrungi oleh para remaja untuk memodifikasi kendaraan mereka
- Membuka jam beroperasi
toko lebih lama
- Seiring dengan berkembangnya
teknologi, kesempatan untuk memperluas bisnis dengan cara promosi melalui
iklan di internet atau brosur semakin terbuka.
- Jumlah peminat yang semakin
meningkat karena di desain bagi kalangan remaja
- Belum adanya bisnis serupa di
sekitar toko
.
- THREAT (ANCAMAN)
- Munculnya pesaing baru (kaki
lima) yang relatif lebih murah
- Bahan produksi yang tidak
sesuai selera konsumen
- Perubahan selera konsumen untuk
desainnya
- Kenaikan harga-harga produksi
yang tidak menentu
- Lebih meningkatkan kwalitas
karena persaingan semakin ketat
Tidak ada komentar:
Posting Komentar